Selamat Datang Di Website Desa Sukowiyono, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi

Artikel

Sayur Asem jadi Primadona Saat Ramadhan

07 April 2023 19:16:51  Rita Anggrahini Sulistikawati   95 Kali Dibaca  Berita Desa

Sukowiyono.desa.id 

Sayur asem merupakan salah satu sayur yang khas dari Indonesia, tiap daerah memiliki variasi sayur asem yang berbeda-beda. Di pulau Jawa sendiri seperti di Jawa Barat, sayur asem Sunda cenderung lebih sedikit isinya dan memiliki ciri khas yang menonjol pada penggunaan kacang tanah yang sudah terkupas. Sedangkan untuk sayur asam Betawi dan Semarang lebih dominan memiliki rasa yang pedas dan asam. Bahan-bahan untuk membuat sayur asem yang paling sering digunakan di antaranya yaitu kacang tanah, melinjo, labu siam, kacang panjang, nangka muda, belimbing sayur, dan asam jawa.

Untuk Jawa Timur sayur asem biasanya kuah bening, daun ketela rambat, kecambah, kacang panjang dan wortel. Rasanya sangat segar cocok untuk berbuka puasa. Lauknya bisa tempe goreng, ikan asin goreng maupun bakwan sayur. Ditambah botok atau pepes, bisa juga sambal tomat, sambal bawang, dan sambal teri. Pasti bikin nambah terus.

Hampir di semua pedagang bazar takjil ada menu sayur asem karena memang paling diburu oleh pembeli. Dengan berbagai macam sayur yang berkolaborasi menjadi sayur asem, maka menjadikan banyak kandungan gizi pula.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next