Selamat Datang Di Website Desa Sukowiyono, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi

Artikel

Pemerintah Desa Sukowiyono Menggelar Siraman Rohani Akhir Tahun Anggaran Tahun 2023

28 Desember 2023 09:20:25  Rita Anggrahini Sulistikawati   93 Kali Dibaca  Berita Desa

Sukowiyono.desa.id - Pada Rabu, 27 Desember 2023, Pemerintah Desa Sukowiyono, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, menggelar siraman rohani akhir tahun anggaran 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Sukowiyono, dengan menghadirkan KH. Abdul Jalal dari Bojonegoro.

Acara dimulai pukul 20.00 WIB dihadiri oleh semua perangkat desa, BPD, LPMD, ketua RT RW, TP PKK, kader PKK, bidan desa, guru TK, Jamaah Mushola Al-Hikam (Mushola Kantor Desa Sukowiyono) dan Tokoh Masyarakat. Acara dibuka oleh Kepala Desa Sukowiyono, Prapto. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa siraman rohani ini merupakan kegiatan akhir tahun yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sukowiyono. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta memohon perlindungan dan keberkahan dari-Nya bagi seluruh warga Desa Sukowiyono.

Setelah sambutan, dilanjutkan dengan tausiah oleh KH. Abdul Jalal. Dalam tausiahnya, beliau menyampaikan tentang pentingnya menjaga keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Beliau juga menyampaikan bahwa Allah SWT akan memberikan perlindungan dan keberkahan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman dan bertakwa.

Pada saat terakhir pengajiannya, menyampaikan tentang ciri-ciri penduduk surga menurut ajaran Islam. Beliau menjelaskan bahwa ada empat ciri-ciri utama yang harus dimiliki oleh seseorang untuk dianggap sebagai penduduk surga:

1. Wajah yang Berseri

"Wajah yang berseri adalah tanda dari kebahagiaan dalam hati" tutur Abdul Jalal. Kesejahteraan batin seseorang tercermin dalam ekspresi wajahnya. Ketika seseorang hidup dalam kedamaian dan kebahagiaan, itu akan tercermin dalam senyuman yang tulus di wajahnya.

2. Memiliki Lisan atau Ucapan yang Baik

Beliau menekankan pentingnya berbicara dengan kata-kata yang baik dan sopan. Ucapan yang sopan dan berbobot merupakan manifestasi dari karakter yang baik dan mengindikasikan kebaikan hati seseorang.

3. Hati yang Mengharap Ridhonya Allah

Bahwa iman dan keyakinan yang kuat kepada Allah merupakan ciri-ciri utama penduduk surga. Memiliki hati yang selalu merindukan ridha Allah adalah tanda keimanan yang mendalam.

4. Yang Terbiasa Mengulurkan Tangan (Suka Menolong)

Beliau menekankan pentingnya berbagi dan menolong sesama manusia. Menolong orang lain dengan ikhlas adalah salah satu tanda cinta kasih dan kepedulian yang akan mendapatkan balasan dari Allah.

Kemudian dilanjutkan dengan sholawatan bersama. Seluruh peserta siraman rohani dengan khusyuk melantunkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Suasana Balai Desa pun menjadi sangat khidmat.

Acara ditutup dengan doa oleh KH. Abdul Jalal. Dalam doanya, beliau memohon kepada Allah SWT agar Desa Sukowiyono senantiasa diberkahi dan dijauhkan dari segala macam musibah.

Siraman rohani ini disambut dengan antusias oleh seluruh warga Desa Sukowiyono. Mereka berharap agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat diambil pelajaran dari kegiatan siraman rohani ini:

  • Pentingnya menjaga keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
  • Allah SWT akan memberikan perlindungan dan keberkahan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman dan bertakwa.
  • Sholawat merupakan salah satu bentuk ibadah yang dicintai oleh Allah SWT.
  • Semoga kegiatan siraman rohani ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh warga Desa Sukowiyono.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next